Teknologi Komputer serta Cara Kerja Komputer dan Bagiannya
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk
mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa
mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut
digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang
yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat
hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para
pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan
artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung
pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana
seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Komputer yang kita kenal saat ini adalah hasil
pengembangan teknologi elektronika dan informatika sehingga bentuk komputer yang
asalnya berukuran besar dan makan tempat, sekarang berbentuk kecil dengan
kemampuan besar. Kemajuan industri komponen elektronika IC (integrated circuit)
telah mendorong terciptanya berbagai perangkat chip IC yang beragam dan
mendukung berbagai keperluan pembuatan produk elektronik. Kemajuan teknologi
elektronika tidak terlepas dari adanya kemajuan dibidang pengetahuan dan
pengolahan bahan semikonduktor khususnya silicon.
Manfaat komputer saat ini cukup beragam mulai
sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar
lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan
program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, industri dan bisinis.
Dunia anak telah lama mengenal alat permainan game yang dikendalikan oleh
sistem komputer. Di bidang industri, komputer telah dipergunakan untuk
mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi (misalnya CNC, sebuah
mesin serba guna dalam industri metal) sehingga dapat kita jumpai berbagai
produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila
dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen
dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya perusahaan topi bodir dapat
memproduksi topi dengan kualitas gambar bordir yang seragam dalam jumlah banyak
dalam waktu singkat. Di perusahaan dagang seperti department store telah
dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol
komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari
ruangan kerjanya saja. Di bidang pendidikan, selain dijumpai sebagai alat bantu
pelajaran, banyak peralatan laboratorium yang dilengkapi dengan komputer
sehingga alat tersebut dapat bekerja lebih teliti dan dapat mengatasi kendala
hambatan indra manusia. Dari bidang pendidikan dan riset yang mempergunakan
alat-alat demikian dihasilkan berbagai hasil penelitian yang bermanfaat yang
tidak terasa sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat
banyak. Beragam obat baik untuk keperluan kesehatan manusia maupun pertanian
dan peternakan telah banyak dipergunakan oleh masyarakat. Dalam bidang
bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan
kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril.
Perusahaan Australia telah mengembangkan robot untuk keperluan bioteknologi
ini. Penerapan kontrol komputer yang tercanggih terdapat di pesawat terbang dan
pesawat angkasa. Untuk dapat mengatasi berbagai kendala alam dan sulit
dilakukan oleh seorang pilot secara manual, sebuah pesawat terbang dapat
dikendalikan secara otomatis sehingga bisa terbang dengan selamat di tujuan.
Demikian besarnya manfaat komputer, untuk itu dalam
tulisan ini diperkenalkan mengenai sebuah komputer dan bagaimana merakitnya.
Dalam tulisan ini tidak dijelaskan secara teliti bagaimana membangun sebuah
rangkaian elektronik komputer ataupun membangun sebuah perangkat lunak komputer
(software), untuk dapat mengetahui hal ini anda masih harus kuliah di bidang
Elektronika dan Informatika. Tulisan ini dimaksudkan agar anda tidak salah
mengenal komputer ataupun memahaminya, dengan anda dapat mengenal bagian-bagian
komputer, merakitnya dan mengenal cara bekerjanya khususnya mengenal cara
mengoperasikan software aplikasinya maka anda akan merasakan manfaat komputer
yang demikian besar. Di sinipun tidak diuraikan mengenai sejarah penemuan
komputer, hanya perlu anda yakini bahwa komputer adalah hasil industri yang
memanfaatkan berbagai hasil penelitian dan pengujian dari bebeberapa bidang
keilmuan. Misalnya keilmuan bidang elektronika, informatika, manajemen, kimia
bahan, fisika bahan, kimia fisik, elektrokimia dan lain-lain.
Ini lah beberapa Teknologi komputer yang akan
dirilis tahun 2010 mendatang, jika dilihat dari bentuk dan kecanggihannya
memang teknologi yang akan datang di tabhun 2010 benar - benar sangat
fantastis. TriBook dengan tiga konsep layar ultra lebar yaitu 21? lebar layar.
Ia juga memiliki sebuah 8x SuperDrive, 1TB harddisk, dan MacBook Pro-calibre
CPU, plus sebuah keyboard multitouch trackpad,
Cara Kerja Sebuah Komputer
Memori
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang
dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"),
masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi
perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin
berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap
slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja
kemudian menjadi perintah.Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai
angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded)
dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan
angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau
angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih
kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai
macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah
byte.
Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central processing Unit) berperan untuk memproses perintah yang
diberikan oleh pengguna komputer, mengelolanya bersama data-data yang ada di
komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti
input , output dan storage untuk melaksanakan instruksi yang saling terkait.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia
menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam
komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat
yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan,
pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan
perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan).
Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang sebenarnya.
Unit kontrol menyimpan perintah saat ini yang
dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapatkan
kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah
itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Unit ini
berfungsi mengontrol pembacaan instruksi program komputer.
Masukan dan hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari
dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik
(hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang
akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti
webcam (kamera web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah
bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data
yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output,
men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer.
Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah
data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah
seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai perintah sederhana dalam
jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami
kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel
456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel
013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel
345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor -
kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan
perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa
mesin komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk
komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman
"tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin
secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler).
Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti
assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog
didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya
oleh mesin (bahasa tingkat tinggi).
Bagian - Bagian Komputer
Perangkat
keras (Hardware)
1. Pemroses
atau CPU sebagai unit yang mengolah data
2. Memori
RAM, tempat menyimpan data sementara
3. Hard
drive, media penyimpanan semi permanen
4. Perangkat
masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh 5. UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
6. Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk
menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti
monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
Perangkat
lunak (Software)
1. Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan
pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah
Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya)
mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan,
memori, serta instalasi software.
2. Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai
dengan sistem operasinya.
Slot pada komputer
1. ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
2. AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan
grafis
3. IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
4. USB, slot untuk masukan media plug-and-play
(colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan
langsung dapat digunakan).
Jenis - Jenis Komputer
Komputer Analog adalah istilah yang digunakan untuk
menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di
sini adalah lawan (dual) dari level digital, yang mana level digital adalah
level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low' (rendah), yang digunakan dalam
implementasi bilangan biner. Secara mendasar, komponen elektronik yang
digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah op-amp (operational
amplifier).
Komputer Digital adalah mesin komputer yang
diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka,
huruf, tanda baca dan lain-lain. Yang pemrosesnya dilaksanakan berdasarkan
teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi bilangan 0 dan 1.
Merupakan hasil teknologi yang mengubah sinyal
menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (disebut juga dengan biner)untuk
proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Sinyal tersebut disebut sebuah
bit. Sinyal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak
dapat ditemukan pada teknologi analog, yaitu:
1. Mampu mengirimkan informasi
dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan
kecepatan tinggi.
2. Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak
memengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri,
3. Informasi dapat
dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk,
4. Dapat
memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara
interaktif.
Komputer mengolah data yang ada adalah secara digital, melalui
sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, komputer
hanya mengenal dua arus, yaitu on atau off, atau istilah dalam angkanya sering
juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Kombinasi dari arus on atau off
inilah yang yang mampu membuat komputer melakukan banyak hal, baik dalam
mengenalkan huruf, gambar, suara, bahkan film-film menarik yang anda tonton
dalam format digital.
Komputer Hybrid adalah jenis komputer yang diperuntukkan untuk pengolahan data yang
sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, atau dengan istilah lain
menggabungkan kemampuan digital dengan analog. Dengan perkataan lain data
kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.